Minggu, 24 Januari 2016

Tempat Wisata Dieng, Buat Anda Terpukau!

Info Tempat Rekreasi - Tempat Wisata Dieng begitu beragam dengan lokasinya yang tersebar disegala penjuru Dieng. Karena itu, Kadang Wisatawan yang sudah ada di Wonosobo alias bahkan Dieng pun tetap kesulitan untuk menjangkau tempat-tempat wisata yang mana Jalur jalan masuk menuju daerah tersebut tidak lebih familiar, khususnya bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Dieng.

Di tempat wisata Dieng, tersedia tidak sedikit candi kuno serta berkapasitas kecil, semuanya terhampar di dataran tinggi gunung api tersebut. Candi-candi tersebut bercorak Hindu, mempunyai arsitektur yang unik serta indah.

Candi di Dataran Tinggi Dieng


Di Dataran Tinggi Dieng, candi-candi Hindu yang tersebar di sana dinamakan sesuai dengan nama tokoh-tokoh dalam epik Mahabharata yang populer itu. Ada Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan sebagainya.

Candi di Dataran Tinggi Dieng

Seni arsitektur candi mengadopsi bangunan candi yang ada di India. Hal ini bisa terkesan dari arca-arca yang menghiasi segi bangunan candi, di antaranya Mahakala, Nandi Swara, Durga Mahesasura Mardini, Ganesa, dan Agastya. Dua bangunan candi yang bisa dibandingkan merupakan  Candi Arjuna yang seperti dengan Candi Bhintargaon di India dan Candi Semar yang seperti dengan Candi Parasurameswara (India) dengan bentuk Mandapa.

Bukit Sikunir Dieng

 

Bukit Sikunir Dieng

Tempat Wisata di Dieng Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan suatu bukit yang mempunyai panorama berupa sunrise yang indah. Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata harapan di Dieng plateau. Untuk waktu paling baik menikmati sunrise merupakan kurang lebih pada Bulan Juli-agustus dimana di bulan itu merupakan kemarau jadi langit akan tampak bersih serta tak ada hujan. Namun sebab pemandangan yang dinikmati merupakan matahari terbit alias sunrise, kalian wajib datang ke spot pengawasan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar alias pagi buta. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay alias hotel yang tak sedikit tersedia di seputaran Kawasan Dieng plateau.

Telaga Warna Dieng

 

Telaga Warna Dieng

Di daerah wisata Dieng, tersedia suatu telaga yang menyuguhkan fenomena alam yang begitu indah, yakni penggantian warna air dari telaga tersebut. Inilah Telaga Warna Dieng, suatu landmark memikat yang bisa Anda temui di Kabupaten Wonosobo. Anda bisa menyusuri tepian telaga ini, juga tersedia balkon kecil sebagai tempat duduk bersantai menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Candi Arjuna

 

Candi Arjuna Dieng

Selain dikenal dengan wisata alamnya yang indah, Kawasan dieng plateau juga tersedia wisata adat berupa candi. Candi yang tersedia di Dieng merupakan Candi Arjuna.

Pastikan 4 tempat wisata Dieng ini Anda kunjungi, dijamin Anda akan terpukau dan terkagum-kagum!

1 komentar